Assalammualaikum....

Perkenankan, saya ibu tiga putri yang cantik-manis-cerdas berbagi cerita dengan pengunjung blog ini. Semoga memberi manfaat bagi yang lain...
Powered By Blogger

Rabu, 09 Maret 2011

Membuat mPek-mPek


mPek-mPek buatanku
Memang, saya bukan orang Palembang, bukan orang Sumatera Selatan. Tapi saya bersuamikan pangeran Pagar Alam, Suamtera Selatan, yang seringkali ridu makanan khasnya. Suamiku sangat suka makan mpek-mpek. Karena itu, saya belajar membuat mpek-mpek Palembang supaya suami bisa menikmati makanan daerahnya itu sepuas hati. Sebab...bila harus membeli harganya mahal dan cita rasanya belum tentu "oke". Dan inilah resep mpek-mpek kreasi saya(saya buat simple aja), yang resep orisinilnya saya dapat dari adik suami. Memang banyak cara membuat mpek-mpek, dan semua mengklaim yang paling enak. Yang penting...,resep kreasi saya ini sudah berkali-kali saya praktekkan, dan hasilnya suami dan anak-anak suka (juga para tetangga dan teman kerja yang sering kebagian).
Setelah dapat ilmu nya (dari adik suami) Saya cari bahan2 untuk bikin mpek-mpek antara lain sebagai berikut :


Bahan mpek-mpek
 
  1. Tepung tapioka/sagu/kanji (kami pake merk 2 angsa ato sari tany). Kira-kira banyaknya 400 gr
  2. 1 butir telur
  3. 1/2 kg daging ikan tengiri yang dihaluskan kira-kira 1 mangkuk)
         cara menghaluskan ikan tengiri cukup dikerok dengan sendok makan
         bagian dagingnya. Bagian tulan dan kulit bisa direbus dan airnya bisa
         dipakai untuk campuran setelah didinginkan.

Cara pembuatan :
  • Haluskan bawang dan garam (sorry...keluargaku anti vetsin dan penyedap rasa)
  • Campur semua bahan tsb bersama tepung tapioka/sagu/kanji
  • uleni bersama air es (air rebusan tulang dan kulit ikan yang sudah didinginkan), dan sedikit minyak goreng (1 sendok makan,biar hasil akhirnya empuk)
  • Setelah adonan kalis (tdk lengket di tangan, tidak nempel di wadah adonan), berarti mpek-mpek siap dibentuk,
  • Bikin sesuai selera. Bisa lonjong, bulat, gepeng, ato diisi telur.
  • Rebus (air rbusan tambahi sedikit minyak, biar mpek-mpek gak lengket satu sama lain)
  • Bila sudah mengapung, berati sudah matang, angkat dan tiriskan.
  • Bisa langsung dimakan sama cukanya, atau digoreng dulu (lebih enak)

Kuah cukanya :
Gula merah (pilih yang warnanya gelap) 1/2 kg direbus sama 4 gela air, bumbui bawang dan cabe yg dihaluskan, tambah sedikit garam dan cuka secukupnya (agak asam lebih seger).
Bila sudah mendidih, dinginkan dan saring agar kotoran hilang.
mPek-mPek dalam penyajian



Kayaknya cuma gitu doang
Hasilnya...Wangi ikan tengirinya mak nyus, lembut, seger, nikmat.
  Suami dan anak-anak suka, lebih mantap daripada yg dijual di depan indomaret atau alon-alon.
Lebih oke daripada bikinan istri temannya yg org aseli org Palembang.
Tapi...sayabelum puas dengan hasil akhir mpek-mpek kapal selamnya krn bentuknya aneh. Tdk seperti kapal selam..tampaknya seperti rudal.
Jadi apa namanya saya ganti : mpek-mpek rudal yaa....

Selamat mencoba buk...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar