Assalammualaikum....

Perkenankan, saya ibu tiga putri yang cantik-manis-cerdas berbagi cerita dengan pengunjung blog ini. Semoga memberi manfaat bagi yang lain...
Powered By Blogger

Rabu, 09 Maret 2011

Membuat "READ MORE" pada blog

Sebagai blogger pemula, berhari-hari saya harus berselancar mencari tutorial membuat "read more" pada blog saya. Tampilan tulisan yang panjang jadi memenuhi halaman bila tidak dipangkas, sehingga dengan memasang fasilitas read more  atau baca selengkapnya ini akan mempersingkat tampilan tulisan. Jujur.......,blog ini saya buat sendiri dari  a sampai z  berbekal pengetahuan dan sedikit kemampuan mengoperasikan komputer. Namun, ternyata segala sesuatu itu bisa kita pelajari sesulit apapun itu. Buktinya, saya bisa bersentuhan dengan dunia maya, baik itu membuat facebook, friendster, multiply, blogspot dan wordpress, hanya dengan mengandalkan "kemauan" untuk belajar saja. Sungguh, sebelumnya saya tidak tahu apa-apa tentang dunia maya ini. Tapi saya tidak minder atau merasa sudah tua untuk lebih mengekspresikan apa yang ingin saya ungkapkan melalui blog pribadi saya. 
Kembali ke soal membuat read more atau baca selengkapnya ini, beberapa web sudah saya kunjungi untuk mencari referensi. Namun banyak yang menyajikan dengan cara yang bertele-tele dan sulit saya mengerti. Hingga akhirnya saya menemukan cara paling mudah di http://www.tutorialblogging.co.cc (saya referensikan bagi yang ingin membuat "read more" ini)

(yang gak percaya silakan buka langsung web yang saya maksud)

Sekarang ini, membuat read more pada blog tidak serumit sebelumnya, cukup dengan menambahkan kode di bawah ini pada tulisan yang akan dipotong.

<!-- more -->

Untuk lebih mudah lagi, kita bisa menggunakan secara langsung fungsi read more dengan menekan tombol Insert jump break yang ada pada toolbar pengeposan blogger.

tutorial membuat read more - jump break

Setelah mengklik tombol tersebut, maka fungsi read more akan tampil seperti gambar berikut.

read more / baca selanjutnya

Setelah melakukannya, postingan  pada halaman depan akan otomatis terpotong. Namun, tulisan read more belum tentu tampil.

Karena fungsi read more ini baru dibuat oleh blogger, jadi hanya blog baru (setelah fungsi read more dibuat) yang bisa menampilkan langsung fungsi read more ini.

Nah, jika tulisan read more ini belum tampil di halaman depan, ikuti langkah tutorial berikut.
  1. Masuk ke akun blogger Anda.
  2. Pilih menu Tata Letak (Layout) » Edit HTML.
  3. Beri tanda centang pada tulisan Expand Widget Templates.
    Expand Widget Templates
  4. Cari kode seperti di bawah ini.



    <div class='post-body entry-content'>
    <data:post.body/>
    <div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
    </div>
  5. Setelah itu, copy paste kode berikut di bawah kode tadi.



    <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
    <div class='jump-link'>
    <a expr:href='data:post.url + "#more"' expr:title='data:post.title'><data:post.jumpText/></a>
    </div>
    </b:if>
  6. Simpan template
Mudah bukan cara membuat read more di blogspot? Saya aja yang awam bisa, Andapun pasti bisa.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar