Assalammualaikum....

Perkenankan, saya ibu tiga putri yang cantik-manis-cerdas berbagi cerita dengan pengunjung blog ini. Semoga memberi manfaat bagi yang lain...
Powered By Blogger

Minggu, 25 September 2011

Mini Brownies Kukus


coklatnya mantap.......
Minggu ini si Sulung pengin belajar bikin brownies. Berhubung yang mau bikin masih belajar....jadi aku kasih rumus resep (aku menyebutnya rumus 1-75-3) yang mudah diingat. So...kalo lain kali dia mau bikin sendiri mudah mengingatnya. Hanya dengan mengingat rumus jumlah bahan dan instruksi lesan cara masaknya, si Sulung sudah asyik dengan eksperimennya. Entah,...kenapa pilihan cetakannya adalah cetakan kue ontbijkoek, dan menolak menggunakan cetakan brownies pada umumnya. Alasannya...pengin bikin brownies kukus yang mungil-mungil bentuknya.
At last....cukup 15 menit sibuk di dapur dan jadilah seperti ini :


Bahan :
175 gr Coklat blok
75 gr mentega

3 butir telur
browniesnya mentul-mentul bangeeett...
75 gr gula pasir
75 gr tepung terigu
1 sdm full coklat bubuk
1 sdm full susu bubuk
1/2 sdt baking powder


Cara Memasak :

Adonan 1 : Lelehkan mentega dan coklat blok dengan cara ditim
Adonan 2 : Campur tepung terigu coklat bubuk dan baking powder, ayak dan sisihkan

Kocok telur dan gula hingga mengembang menggunakan mixer
Setelah mengembang sempurna, masukkan adonan 1 dan 2 secara bergantian (bisa menggunakan mikser kecepatan 1 atau matikan mikser dan campur menggunakan solet)
Masukkan ke dalam cetakan yang telah dioles tipis dengan margarine (suka-suka deh, mau cetakan / loyang kotak, bulat, oval)
Beri pemanis di atas kue (bisa kenari, kismis, keju dll)
Kukus dalam dandang yang telah beruap (lapisi tutup dandang dengan serbet agar uang air tidak menetes ke kue)


**** gak masalah dapur jadi berantakan dan peralatan aku yg beresin. Yang penting ada proses pembelajaran, dan keberhasilan membuat brownies ini menyulut semangat untuk belajar kuliner lebih banyak lagi. Yang mau coba......sepertinya kue ini anti gagal : anak kecil aja bisa.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar