Assalammualaikum....

Perkenankan, saya ibu tiga putri yang cantik-manis-cerdas berbagi cerita dengan pengunjung blog ini. Semoga memberi manfaat bagi yang lain...

Jumat, 09 Maret 2012

Sayur Kalakan, Yang khas dari Pacitan

Sayur Kalakan

Kalakan, ini adalah jenis masakan khas kota Pacitan. Bahan dasarnya terbuat dari irisan daging ikan hiu (yang populer disebut iwak kelong), yang diasap terlebih dulu. Aroma sangit khas ikan asap itu yang menjadikan masakan ini sangat menggugah selera. Sebenarnya,...sudah berminggu-minggu aku pengin menikmati sayur kalakan pedas, dimakan anget2, pas banget jadi menu saat hujan turun deras. Sayangnya,....ikan hiu musim  ini lagi susah dicari. Sehingga, penjual di pasar banyak yang jual ikan kalakan palsu (jenis ikan lain yang diasap). Beruntung,...siang tadi pegawaiku ngasih info kalo mbah Tugi lagi bikin kalakan. Sedikit cerita mengenai mbah Tugi ini, adalah pembuat ikan kalakan yang paling nikmat menurutku. Mbah Tugi sangat idealis dalam mengolah kalakan. Artinya,.beliau fanatik hanya ikan hiu segar yang dia olah jadi kalakan. Jadi, hasilnya sangat spesial sekali, besar-besar dan aromanya khas sangit ikan asap berbaur jeruk nipis. Tak heran,..ikan kalakan bikinan mbah Tugi  selalu tak sampai ke pasar sudah diantri pembeli di rumahnya. Takut keburu habis, langsung deh melesat ke rumah mbah Tugi. Kali ini beli agak banyak, sekalian beliin teman di Madiun. Kebetulan besok mau mudik.
Sampai di rumah, langsung aja si kalakan siap diolah. Bener-bener aku nggak sabar pengin menyantap  sayur kalakan ini. Kebetulan segala bumbu sudah tersedia. At last,...utak atik sebentar di dapur....dan tarararaaaa...Sayur Kalakan Ala Rumah Ibu siap disantap.
Mau bikin juga??...Yuuukk...belajar masak,............


Bahan utamanya sih... : 
Ikan Kalakan (hiu yg diasap) ---- >Kalo nggak ada, bisa juga diganti ikan asap yang lain.
Segelas santan (aku pakai sebungkus kara, kebetulan adanya itu di kulkas) 
Bumbunya sederhana banget, cuma...  :
20 bj cabe rawit utuh
5 bj Bawang merah & 3 bj bawang putih, dicincang (dirajang gitu...)  
5 butir Kemiri dan seujung ibu jari kunyit kupas, dihaluskan (diuleg bu....)
2 lbr Daun Salam, 2 lbr daun jeruk, laos segedhe jempol dimemarkan
1 bh tomat dipotong-potong
Cara Masaknya pun gampang....
Panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis semua bumbu (kecuali irisan tomat) sampai harum. Masukkan santan, tunggu sampai mendidih....lalu masukkan ikan dan tomat. Setelah 10 menit matikan api, taburi bawang goreng. Bila suka, tambahkan daun kemangi,...
Selamat mencoba...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar