Assalammualaikum....

Perkenankan, saya ibu tiga putri yang cantik-manis-cerdas berbagi cerita dengan pengunjung blog ini. Semoga memberi manfaat bagi yang lain...
Powered By Blogger

Rabu, 27 April 2011

Trik, agar anak-anak suka makan sayur...

Cerita ini, sudah lama sekali jadi bagian hidupku. Kala itu dua anak-ku, Farah dan Fira masih kecil-kecil. Di belakang rumah dinas yang kami tempati, terdapat halaman belakang yang agak luas, ditumbuhi rumput dan sedikit bunga hias. Disitu kami memelihara sepasang kelinci yang lucu-lucu, hadiah dari ibuku . Farah dan Fira sangat senang mengamati gerak-gerik kelinci itu, dan senang memancing agar kelinci mendekat dengan berbagai sayuran sebagai pengumpan. Suatu saat, sambil menyuap mereka makan sore, aku bercerita tentang kelinci dan harimau. Mengapa manusia lebih menyukai kelinci dan takut kepada harimau? Kukatakan, karena kelinci adalah binatang yang lucu, menggemaskan, penurut, tidak galak, dan suka berteman. Kelinci, menjadi binatang lucu yang tidak pemarah dan disukai banyak orang karena dia rajin makan sayuran. Sayuran, membuat kelinci menjadi imut-imut, berbulu indah dan berperilaku menyenangkan. Sehingga orang menyukainya dan mau memelihara di rumah serta dijadikan teman. Sedangkan singa, karena suka makan daging, menjadi binatang  liar yang buas, menakutkan, dan tidak disukai orang, sehingga tidak ada yang mau memelihara di rumah.
Tak kusangka, cerita bohongku yang mengalir begitu saja, mampu menghipnotis dan terekam dalam memori anak-anakku waktu itu. Sebab, setelah mendengar cerita itu, mereka jadi rajin dan suka makan sayur-sayuran. Bahkan, ketika aku selesai menceritakan kelinci dan harimau, Fira nyeletuk " Ma....aku pengin seperti kelinci, aku mau makan sayur...". Aku senang, karena dia anak yang paling sulit makan sayur, dan maunya makan daging ayam. Dan terbukti, cerita itu mampu membuatnya suka makan sayur, sampai sekarang. Tentu saja, alasan makan sayur di masa sekarang bukan lagi karena ingin seperti kelinci, tetapi karena telah memahami manfaatnya.
Kawanku....
Mungkin sedikit cerita ringan seperti diatas bisa memotivasi anak-anak kita yang masih kecil untuk lebih menyukai makan sayur-sayuran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar